SAP

SAP, dimulai pada tahun 1972 oleh lima mantan karyawan IBM di Mannheim, Jerman. Dalam bahasa Jerman SAP adalah Systeme, Anwendungen, Produkte, yang artinya "Sistem Aplikasi dan Produk". SAP merupakan Perusahaan terkemuka penyedia solusi software e-bisnis. Solusi SAP didesain sesuai dengan kebutuhan perusahaan di segala tingkatan, mulai dari SMB (small and midsize businesses) hingga ke enterprise global. Diperkuat dengan platform aplikasi dan integrasi terbuka SAP NetWeaverT, guna mengurangi kompleksitas dan biaya kepemilikan, serta memperkuat perubahan bisnis dan inovasi, solusi mySAPT Business Suite membantu perusahaan di seluruh dunia meningkatkan hubungan dengan customer, kolaborasi mitra dan menciptakan efisiensi di seluruh supply chain dan operasional bisnis mereka. Saat ini, SAP telah memiliki berbagai solusi untuk sejumlah industri, mulai dari penerbangan hingga utilities, didukung lebih dari 25 solusi industri spesifik SAP. Saat ini, SAP telah memiliki customer lebih dari 22.600 perusahaan dan 76.100 instalasi SAP software di lebih dari 120 negara. SAP mempunyai kantor-kantor cabangnya di lebih dari 50 negara dan SAP terdaftar di Bursa Frankfurt Stock Exchange, NYSE dengan simbol "SAP".

Brikut ini adalah modul SAP yang terdiri dari modul-modul aplikasi:
  • SD-Sales & Distribution
(Membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order “proses sales, shipping dan billing”)
  • MM-Materials Management
(Membantu menjalankan proses pembelian “procurement” dan pengelolaan inventory)
  • PP-Production Planning
(Membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi “manufacturing” suatu perusahaan)
  • QM-Quality Management
(Membantu men-cek kualitas proses-proses di keseluruhan rantai logistic)
  • PM-Plant Maintenance
(Suatu solusi untuk proses administrasi dan perbaikan sistem secara teknis)
  • HR-Human Resources Management
(Mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai)
  • FI-Financial Accounting
(Mencakup standard accounting cash management “treasury”, general ledger dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting)
  • CO-Controlling
(Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas)
  • AM-Asset Management
(Membantu pengelolaan atas keseluruhan fixed assets, meliputi proses asset accounting tradisional dan technical assets management, sampai ke investment controlling)
  • PS-Project System
(Mengintegrasikan keseluruhan proses perencanaan project, pengerjaan dan control)


Sumber :http://atm888.blogspot.com/2009/04/sap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar