ORACLE

Oracle adalah nama produk software database produksi perusahaan software Oracle Corporation. Oracle Corporation adalah salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data (database management system) , perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan perangkat lunak manajemen rantai pasok. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977, Oracle Corporation memposisikan diri sebagai produsesn software database.

Secara garis besar, software database dikelompokan menjadi stand-alone databasedan dan database server. Stand-alone database adalah seperangkat software database yang dijalankan dan diakses oleh komputer yang tidak terhubung dengan komputer lain. Sedangkan database server merupakan software database yang diperuntukakan bagi jaringan. Database server dapat menangani banyak user, mengolah data yang sangat banyak, dan akses data secara cepat. Sebagai contoh software database server adalah Oracle, IBM DB2, Microsoft SQL Server, dan lain-lain.

KEISTIMEWAAN ORACLE

Oracle dikenal sebgai database internet dan jaringan, mempunyai kelebihan-kelebihan antara lain :

  • Client/server environment
Oracle berjalan di jaringan komputer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstal Oracle bertanggung jawab menangani proses database, sementara client/workstation yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangi kemacetan jaringan.

  • Ukuran database yang besar dan pengaturan space
Oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space pada harddisk, sehingga ruangan harddisk termanfaatkan secara efisien.

  • Multiuser
Oracle mendukung pelayanan banyak user, yang terkoneksi pada waktu yang sama, dan mengakses data yang sama. Dengan fasilitas ini , Oracle mampu menghindari konflik data secara baik.

  • Connectibility
Oracle dapat menggunakan berbagai sistem operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data.

  • Hight transaction processing perfomance
Oracle dapat mengatur sistem agar pemrosesan data dapat berjalan dengan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak pada suatu waktu.

  • Availability
Oracle dapat menjalankan database secara terus menerus, 24 jam sehari. Pemisahan sistem komputer dan proses backup dapat dilakukan secara on line, tanpa harus mematikan database.
  • Manajemen Keamanan yang baik
Oracle menghindari akses database dari pihak-pihak yang tidak diinginkan. Oracle memiliki fitur yang baik untuk membatsi dan memonitor akses data.

  • Database enforced integrity
Oracle mempunyai kontrol untuk mengendalikan data mana saja yang dapat diterima database. Tidak perlu membuat kode dibanyak aplikasi, cukup di satu database Oracle.

  • Portabilitas
Oracle dapat berjalan diberbagai sistem operasi, baik Linux, Windows, Unix, dan masih banyak lagi. Aplikasi yang menggunakan data Oracle dapat dengan mudah mengakses data Oracle yang berjalan di sistem apapun.

  • Distributed system
Oracle dapat memisahkan databasenya dalam komputer-komputer yang secara fisik terpisah, namun secara logis terlihat seerti satu database.

  • Replicant environment
Oracle mampu menduplikasi database object dalam lokasi server yang berbeda-beda. Hal ini sangat membantu jika salah satu server rusak, server lain dapat langsung menggantikan fungsinya.

Referensi :
  1. http://atm888.blogspot.com/2009/04/oracle.html
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Oracle_Corporation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar