JD. EDWARDS

JD Edwards atau disebut juga JDE adalah sebuah perusahaan software yang didirikan Maret 1977 di Denver, Corolado oleh Jack Thompson, Dan Gregory, dan Ed McVaney. JD Edwards World Solution Company terletak di One Teknologi Way, di Denver, Corolado.

Sistem yang diterapkan oleh JD. Edwards menggunakan arsitektur yang terpusat namun dalam pengolahan datanya terdistribusi serta didukung layanan fungsi penjelajah yang mengakses berbagai aplikasi software sistem informasi yang terintegrasi dalam jaringan komunikasi data elektronik perusahaan klien. Selain itu dengan filosofi platform terbuka, produk ERP dari JD. Edwards mampu berjalan di hampir setiap jenis platform perangkat keras dan perangkat lunak yang ada.

Filosofi platform terbuka dan karakteristik sistem terbuka antar modul aplikasi ini menjadi keunggulan dari produk ERP yang dikembangkan oleh JD. Edwards. Filosofi dan karakteristik tersebut menjadi solusi bagi perusahaan-perusahaan yang masih berkembang. Selama ini mayoritas produk ERP dari berbagai vendor hanya menyediakan kemudahan dalam instalasi, konfigurasi dan penyesuaian (customizing) di awal implementasi.

Seandainya terjadi perubahan di perusahaan yang berdampak harus diubahnya sistem ERP yang ada maka sering terjadi kesulitan yang cukup tinggi dalam mengubahnya. Bahkan di beberapa kasus, hal tersebut menyebabkan harus dilakukan pembangunan ulang atas sistem ERP yang sudah ada. Maka produk ERP dari JD. Edwards ini sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan yang masih berkembang dan sebelumnya sudah banyak mengembangkan berbagai aplikasi software bagi sistem informasi manajemennya.

Tiga peran dalam ERP JDE

Sebagai sistem ERP JDE meliputi 3 area dasar keahlian, functional-business, programmer-developer dan technical-CNC-administrasi sistem.

  • Fungsional analis bisnis

keahlian pada satu atau lebih dari JDE modul, keuangan, manufaktur, operasi, transportasi, penjualan dan lainnya.

  • Developer / programmer

Pengembangan perangkat lunak dan tool pemrograman yang menerjemahkan persyaratan bisnis seperti yang telah diidentifikasi oleh fungsi analisis ke dalam kode dan pemrograman. Kadang-kadang orang-orang ini hanya memodifikasi objek dan JDE yang sudah ada dalam kasus lain.

  • Sistem ERP arsitek, insinyur dan administrator

Adalah segala macam fungsi yang terdiri dari instalasi, upgrade, update, perubahan manajemen, sistem administrasi, keamanan, tuning kinerja, pembangunan dan penyebaran paket dari semua arsitektur.


Referensi :

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/J._D._Edwards
  2. http://www.setiabudi.name/archives/365


Tidak ada komentar:

Posting Komentar