Project Management (PM) ERP Module

Dalam ERP, terbagi menjadi beberapa module sistem yang memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Nah, Project Management (PM) adalah salah satu dari module ERP itu sendiri. Memang perkembangan ilmu pengetahuan tentang module ini tidak lah sepesat module-module ERP yang lain. Seperti Manufacturing, Sales and Distribution (SD), Finance and Accounting (FICO), Material Management (MM), Human Resources (HR). Oleh karena itu, module ERP ini sangat lah penting untuk dipelajari. Karena mengingat sedikit nya para consultant PM sendiri yang mendalami tentang module ERP ini. Dengan begitu, demand dari PM consultant meningkat.

Project management (PM) adalah bagian dari proses logistik di dalam suatu tools ERP dan dalam prosesnya erat hubungannya dengan proses MM (Material Management).

Dalam pengertian secara umum, Project Management (PM) adalah sebuah kegiatan sumber daya yang tersedia dari sebuah proyek pengembangan solusi TI sehingga dapat dihasilkan suatu sistem solusi yang memenuhi obyektif yang telah ditetapkan.

Setelah menyimak penjelasan mengenai PM diatas, dapat disimpulkan bahwa belajar PM maka otomatis belajar 40% MM termasuk Inventory. Selain itu PM juga berhubungan dengan HR, SD, FICO, QM dan PS (Project) mungkin masing-masing sekitar 20%, seorang PM Consultant sejati maka akan menguasai paling tidak 20 – 40% pengetahuan di module2 tsb, sehingga kalau kita akan berpindah ke consultant utk module lain, tidak lah sukar. Dalam perkembangan menggunakan tools ERP yang paling populer di dunia yaitu SAP, akhir-akhir ini PM Module adalah bagian dari PLM/ALM (Product Lifecycle Management / Asset Lifecycle Management) yang saat ini demand nya cukup tinggi di USA. Contoh client yang menggunakan PM secara besar-besaran adalah: US Navy (NAVSEA command), US Army logistics, American Airlines. Di Indonesia setau saya (koreksi kalau salah), Krakatau Steel, Amoco Mitsui, Garuda Indonesia,

List Of Project Management ERP Module

1. Deliver Timely

2. Detailed visibility of resource availability,

3. Procurement commitments, production and field service operations

4. Actual Budget Comparison

5. Data Processing

Setiap list PM diatas, memiliki penjelasan dan contoh-contoh kasus tersendiri yang dapat menjelaskan lebih detail nya dari Project Management ERP module.

Fungsi Project Management

1. Memastikan proyek yang dilaksanakan dapat dicapai sesuai waktu dan estimasi anggaran.

2. Menyusun reguirement definition dan rancangan solusi yang akan dikembangkan.

3. Mendeteksi semua faktor dari sisi waktu, biaya, peratalan, SDM, resiko, hingga kualitas dari hasil.

sumber :http://www.erpweaver.com/index.php?option=com_content&task=view&id=65&Itemid=2


4 komentar:

Ade Septiadi mengatakan...

dalam list Project manajement, ada Deliver Timely. Maksudnya apa?

Jurnal mengatakan...

Saya Boy Sihar ingin bertanya :
Apa yang menjadi Tujuan utama dari pembelajaran Project Management menurutmu??

Fajar Rizki Kurniawan mengatakan...

@ Ade Septiadi : Delivery Timely adalah bagian dari project manajement yang digunakan dalam melaksanakan pembangunan project ynag berkualitas tinggi untuk menghasilkan kepuasan pada klien, dan pengguna akhir, karena project yang di bangun tepat waktu, tepat biaya, dan tepat guna.

sumber :http://www.wbdg.org/project/pm.php

Fajar Rizki Kurniawan mengatakan...

@ Boy Sihar : Menurut saya tujuan utama dari pembelajaran Project Management adalah untuk melaksanakan pembangunan project yang sesuai dengan perencanaan, yang tepat waktu, tepat biaya dan tepat guna. untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

Posting Komentar